Dasar komputer

Perkembangan Komputer

Mulai dari komputer pertama hingga komputer yang kini kita pakai adalah hasil dari perkembangan komputer selama berabad-abad. Inisiatif komputer itu sendiri berasal dari dataran Cina, yaitu dari sebuah abacus atau sempoa. Pada dasarnya komputer adalah kalkulator hingga suatu saat kalkulator tersebut dirasa kurang mampu dalam menyelesaikan masalah perhitungan yang lebih kompleks dan bagaimana sebuah kalkulator dapat berfungsi bukan hanya dapat menghitung saja tetapi juga dapat melakukan penyimpanan data dan pengelolaan data yang telah kita masukkan. Oleh karena itu, diciptakanlah komputer yang mampu memecahkan masalah tersebut. Komputer sendiri memiliki banyak pengertian dari para narasumber.

Sejarah komputer sendiri yang dimulai dari sebuah kalkulator sederhana, yaitu abacus atau sempoa. Kemudian dibuatlah alat hitung yang lebih canggih, yaitu kalkulator roda numerik dan kalkulator mekanik. Namun dalam penggunaannya selanjutnya ternyata alat hitung tersebut masih kurang dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam hal melakukan perhitungan yang begitu banyak.

Perkembangan selanjutnya, diciptakanlah komputer pertama dengan ukuran empat kali ukuran lapangan sepakbola. Ternyata, ukuran dan konsumsi energi dari komputer pertama ini kurang dapat menjanjikan dan membantu para penggunanya. Kemudian dibentuklah komputer dengan tidak lagi menggunakan tabung vakum seperti komputer jenis pertama sehingga konsumsi energi dan ukurannya dapat diminimalisasi.

Download selengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar

prev next