Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik

Prinsip dasar dari sebuah mesin listrik adalah konversi energi elektromekanik, yaitu konversi dari energi listrik ke energy mekanik atau sebaliknya dari energy mekanik ke energi listrik. Alat yang dapat mengubah (mengkonversi) energy mekanik ke energi listrik disebut generator, dan apabila mesin melakukan proses konversi sebaliknya yaitu dari energy listrik ke energi mekanik disebut motor.

Selain generator dan motor, transformator juga termasuk alat listrik yang menjadi bahasan pada saat mempelajari mesin, meskipun energi yang masuk dan yang keluar dari transformator sama yaitu energi listrik. Pada transformator energi listrik yang diberikan pada lilitan akan mengakibatkan timbulnya medan magnet pada inti besi dan selanjutnya diubah kembali menjadi energi listrik. Mesin listrik mulai dikenal tahun 1831 dengan adanya penemuan oleh Michael Faraday mengenai induksi elektromagnetik yang menjadi prinsip kerja motor listrik. Percobaan mengenai konsep mesin listrik di laboratorium-laboratorium terus dilakukan sampai tahun 1870 saat Thomas Alfa Edison memulai pengembangan generator arus searah secara komersial untuk mendukung distribusi tenaga listrik yang berguna bagi penerangan listrik di rumah-rumah. Kejadian yang penting dalam sejarah mesin listrik adalah dengan dipantenkannya motor induksi tiga fasa oleh Nikola Tesla pada tahun 1888. Konsep Tesla mengenai arus bolak-balik selanjutnya dikembangkan oleh Charles Steinmetz pada dekade berikutnya, sehingga pada tahun 1890 transformator dapat diwujudkan, sekaligus menjadi pembuka jalan untuk melakukan transmisi daya listrik jarak jauh.

Prinsip dasar dari sebuah mesin listrikadalah konversi energi elektromekanik,yaitu konversi dari energi listrik ke energimekanik atau sebaliknya dari energimekanik ke energi listrik. Alat yang dapatmengubah (mengkonversi) energimekanik ke energi listrik disebut generator,dan apabila mesin melakukan proseskonversi sebaliknya yaitu dari energilistrik ke energi mekanik disebut motor.Selain generator dan motor, transformatorjuga termasuk alat listrik yangmenjadi bahasan pada saat mempelajarimesin, meskipun energi yang masukdan yang keluar dari transformator samayaitu energi listrik. Pada transformatorenergi listrik yang diberikan pada lilitanakan mengakibatkan timbulnya medanmagnet pada inti besi dan selanjutnyadiubah kembali menjadi energi listrik.Mesin listrik mulai dikenal tahun 1831dengan adanya penemuan oleh MichaelFaraday mengenai induksi elektromagnetikyang menjadi prinsip kerja motorlistrik. Percobaan mengenai konsepmesin listrik di laboratorium-laboratoriumterus dilakukan sampai tahun 1870 saatThomas Alfa Edison memulai pengembangangenerator arus searah secarakomersial untuk mendukung distribusitenaga listrik yang berguna bagi peneranganlistrik di rumah-rumah.Kejadian yang penting dalam sejarahmesin listrik adalah dengan dipantenkannyamotor induksi tiga fasa olehNikola Tesla pada tahun 1888. KonsepTesla mengenai arus bolak-balik selanjutnyadikembangkan oleh CharlesSteinmetz pada dekade berikutnya,sehingga pada tahun 1890 transformatordapat diwujudkan, sekaligus menjadipembuka jalan untuk melakukan transmisidaya listrik jarak jauh.



download selengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar

prev next